Kamis, 26 Mei 2011

PENGHIANATAN.1

pertama dalam sejarah hidupku dan mungkin ini juga yg terakhir. aku akhir na menikah juga dgn ida wati. kami kumpul dengan keluarga kami cuman 1 bulan.. janji ku ku tepati.. aku keluar rumah dengan membawa istriku... kami kontrak rumah kecil di satu kampung.. di sana kami hidup dengan segala apa ada na.. maklum. nama na juga pengantin baru.. gak punya apa2.. semua masih bingung.. aku kaget rupa na menerima ini.. lom siap kayak na.. dan untuk menghidupi istriku.. aku yang tak biasa kerja keras nekat juga jadi kuli...yup.. jadi kuli beneran... hari pertama aku pingsan di tempat kerja.. mungkin karena tak terbiasa angkat yg berat2.. tapi itu tetap aja nekat ku lakukan...hampir 2 tahun aku kerja gitu.. jauhin keluarga tuk buktikan aku mampu.. akhir na aku berpikir tuk mencari jalan pintas... aku nekat masuk ke pedalaman hutan kalaimantan tengah buat cari emas.. tinggalkan anak dan istriku...  o iya.. saat itu tahun yg ke dua aku dah punya 1 lagi momongan... lupa KB.. membuat kami lsg exsport anak.. kedua ank kami cwo... dengan 2 orang ank itu aku nrekat tinggalkan istriku masuk hutan... buat cari emas...  wah hari pertama di hutan sungguh menyeramkan... syukur kenekatanku tak pernah surut.. demi anak istri semua ku lakuin...hampir 1 bulan aku d tengah hutan... buat cari emas...  dan akhir na setelah terkumpul aku bisa pulang.. berkumpul lagi ma org2 yg ku kasihi.. anak2ku....
tapi apa kenyataan na.. di rumah aku tak menemukan istriku.. dia pulang ke rumah orang tua na... ini dah membuat aku kecewa.. tapi demi ank2 aku mengalah... uang yg ku kumpulkan dengan cari emas kami bikin usaha.. dagang kecil2an..depan rumah... sungguh aku tak mengira... rupa na tuhan sayang ma kami.. usaha kami maju.. dagangan kami laku.. dan aku bisa nabung buat ku kumpulkan..
setelah ku rasa cukup uang.. aku coba utarakan niat hatiku ma istriku.. buat berdagang di lain kota... sebenar na itu ku maksud tuk tepati janjiku.. jauhin keluarga...akhir na dgn rayuan yg tiap hari.. istriku luluh juga.. dia mau ikuti kmana aku pergi.. k kota lain ...kami berdagang di sana...sistem dagang antar jemput barang ku terapkan... dan itu membikin kami cepat di kenal orang... 8 bulan di sana.. kami dah bisa membuka 2 cabang usaha. eh 1 yg lupa ku tulis ni.. sebenar na aku heran.. kenapa begitu mudah kami bisa mendekati sales barang(agen barang yg kami jual) begitu mudah na mrk menurunkan barang buat kami dengan sistem pembayaran tunda 1 bulan.padahal  kami tak kenal mrk di kota itu... barang yg mereka turunkan juga tidak main2.. paling dikt 2 kontiener 1 bulan...  itu yg bisa membuat kami cepat di kenal.. barang yang lengkap.. murah .. dan siap d antar...( rupa na tanpa setahuku.. ortuku ikut campur dalam hal ini.). mereka tak tega lihat anak yg paling mereka sayang nekat melepaskan diri dari keluarga demi prinsip. bener.. ku akui.. aku satu2 na yg paling dsayang mamaku... mama kalau gak lihat aku 1 minggu saja.. dah pusing... pasti ada saja alasan buat nemuinku...maklum.. anak paling bontot juga paling manja...aku juga .. kalau dah sakit.. gak ada yg bisa rawat.. ya cuman mama satu2 na yg ku cari.. ampe skg.. (kayak ank kcl ya)... nah... godaan yg ku terima d kota ini juga luar biasa... dari istri sahabatku yg coba ngajak jinah. ampe adik temanku yang ngaku2 pacaran dgnku ... ini rupa na salah di artikan istriku.. dia mengira.. aku benar2 meladeni mereka.. padahal setitik pun tak pernah aku berniat buat duakan istriku... aku masih normal.. dan aku juga gak berani khianati sumpahku k ALM nenek ku.. sampai puncak na.. aku d bawakan istriku cwe yg ngaku2 pacaran denganku.. rupa na istriku ngaku saudaraku.. dan janji mau uruskan hubunganku dgn cwe itu.. biar cepat kawin..,  tuhan.. aku sungguh kecewa ma istriku...dia lebih percaya org dari suami na.. setelah ketemu ma cw itu.. aku bingung.. ku tanya.. apa mau dia..dia blg cuman mau ketemu aja... trs ku suruh istriku panggil pak RT.. om ku.. jg tetuha kampung.. dan aku minta cwe itu bersumpah.. apa aku enar2 pernah rayu dia... di saat itu cwe itu lom ku kasih tahu.. yg ajak dia istriku... yah.. cwe itu akhir na ngaku.. dia suka aku karena sering lihat aku naik (MOGE)harley davidson. dan itu membuat dia sering mimpiin naik motor dgn ku.. parah.. ini dah bener2 membuat aku merasa berdosa ma cwe itu.. membuat niat dia gak ksampain.. dan aku bener2 kecewa ma istriku.. dia lebih percaya orang..(orang ini yg akhir na menghancurkan hidupku).istriku minta maap.. tapi aku benar2 dah kecewa... aku tinggalkan semua.. hartaku.. uangku.. semua ku tinggalkan.. mungkin ini kesalahan patal.. yah.. istriku ku tinggalkan dgn hartaku tanpa bisa menjalankan semua.aku mengembara k pulau lain dgn MOGEku... berbulan bulan aku d kampung org.. di sana aku kerja serabutan.. dari cuci mobil sampai kuli.. hehehe.. d kampung orang aku juga bikin masalh.. rupa na MOGE yg ku pakai ini jadi daya tarik tersendiri d kaum hawa.. mrk hampir tiap hari samperin aku.. pura2 tanya ini lah..kenalan lah.. sampai ngajak jalan2. benar2 musibah bagiku.. dan di perantauanku.. aku hanya bisa tumpahkan kekecewaanku dgn bikin lagu.. puisi2.. hampir tiap malam aku nangis.. nangis rindukan anak2. yah.. rupa na tuhan berkehendak lain.. akhir na perantauanku berakhir.. ortuku  berhasil melacak k mana aku.. mrk jemput aku dgn beberapa mobil.. aku gak bisa kabur lagi.. ayah sedih lihatku.. aku tahu.. ayah nangis.. walau pun d sembunyikan.. karena aku srempat lihat air mata itu.. aku d suruh pulang.. mama sakit keras.. aku gak percaya.. ayah suruh trlp rumah sakit.. kasih nomor ruangan.. trs minta aku bicara... aku gak tahan.. aku rindu mamaku.. aku pulang.. hari itu juga.. dgn d kawal 2 mobil d belakang... gak tahu lagi aku g mana cepat na nguber gas... mobil sering ketinggaln.. ku kebut trs.. kekuatiran akn mama yg bikin aku lupa...ketemu mama bikin aku merasa bersalah.. mama yg gemuk.. jadi kurus. gak mau makan.. duh aku bersujud minta ampun.. aku gak kira.. rupa na kpergianku bikin masalh...1 minggu aku d rmh ortu.. akhir na ada yg cerita.. bahwa istriku d usir ortuku dari rumah kami d kota lain(tmpt usaha kami tadi) mrk marah.. karena istriku akhir na yg k pergok selingkuh...  dia berjinah ma org yg adukan aku pacaran ma cwe yg datang dulu. mama gak terima aku d perlakukan gitu.. apa lagi srmua ku kasih istriku.. semua d ambil ortuku.. mrk marah.. istriku tak bertanggung jawab ma k dua ank2.. itu yg membikin perselingkuhan ini terbongkar. d buang keluarga rupa na juga d buang lelaki bangsat itu... dia rupa na cuman mau hartaku...sungguh..
aku tak menyangka.. ketemu istriku d satu komplek.. d sana aku melihat badan dia kurus.. mata bengakak.. rupa na banyak menangis... aku gak tega.. ku dekati.. dan ku tanya.. apa km mau berubah.. istriku bersujud.. dia berjanji tak kan ulangi...nekat ku bawa istriku pulang... tapi apa yg ku temui.. aku malah d usir . gak d ijinkan injak rumah...aku blh masuk rmh ortu dgn syarat hrs lupakan istriku.. duh mama... mama gak tahu.. janjiku ma nenek yg membikin aku bertahan... aku keras melawan.. dgn baju 1 lemabr d badan.. aku nekat ajak istriku k kampung org.. lain propensi...d sna kami dagang kecil2an...sampai kami mampu.. kami buktikan. bahwa kami bukan org yg lemah... kami pulang k rumah ortu buat minta ampun... mama nangis.. lihat anak na ini.. tapi kenapa d mata mama ku lihat masih ada kebencian itu... dan buat dekatin keluarga ku.. akhirna aku kontrak/balik pulang k kampung halaman. aku pengen dekat dgn saudara2ku... yah.. kita sambung ya.. d P.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar